FORUMKU
FORUM BELAJAR NGEBLOG, BISNIS & INVESTASI
FORUM BELAJAR NGEBLOG, BISNIS & INVESTASI

Kebebasan Finansial, Apa Maknanya Bagi Anda?

Label:
Kebebasan Finansial menjadi konsep populer dan bahkan cenderung menjadi obsesi setiap orang terutama setelah terbitnya trilogi Kiyosaki bertajuk Rich Dad Poor Dad, Cashflow Quadrant, dan Rich Dad Guide To Investing. Orang-orang kemudian seakan berlomba mempelajari dan mengaplikasikannya, memainkan game CashFlow-nya, dan istilah-istilah pindah kuadran, hutang baik hutang jelek, arus kas, investasi, sekolah bisnis, kebebasan finansial, kecerdasan finansial, passive income, pensiun dini, dll, menjadi istilah-istilah yang populer dalam percakapan dan tulisan. Tapi apakah sebenarnya makna konsep kebebasan finansial itu bagi saya dan bagi Anda?


Kiyosaki memaknai kebebasan finansial sebagai suatu keadaan di mana Anda tidak bekerja untuk uang, tapi uang yang bekerja untuk Anda. Artinya Anda sudah berada pada kuadran “I” di mana investasi yang Anda tanamkan memberi passive income yang cukup bagi Anda. Atau Anda masih berada di kuadran “S” tetapi memiliki daya ungkit (leverage) yang secara otomatis dan berkelanjutan memberi passive income bagi Anda seperti seorang top leader di bisnis jaringan (MLM) yang mendapatkan komisi dari hasil kerja jaringan yang sudah dia bangun dan terus dibina.


Anthony Robbins juga menawarkan konsep yang hampir sama. Dia mengartikan kebebasan finansial sebagai suatu keadaan di mana seseorang memiliki sejumlah investasi dalam berbagai instrumen yang bisa menghasilkan cukup income untuk membiayai hidupnya tanpa perlu bekerja lagi.


Dalam bidang perencanaan keuangan, kebebasan finansial dimaknai sebagai suatu kehidupan yang bebas dari hutang, memiliki pendapatan tetap, telah menyiapkan dana cadangan melalui sejumlah instrumen, untuk keperluan tidak terduga maupun biaya yang sudah bisa diukur sebelumnya seperti biaya pendidikan anak, biaya kesehatan, dan lain-lain.


Pemaknaan di atas tampaknya sekarang mengalami bias sehingga yang menonjol adalah makna income yang setinggi-tingginya. Orang-orang kemudian menjadi lebih terobsesi dengan makna nominal, membuat sebagian besar orang menjadi “money oriented people“, terobsesi oleh konsep “penghasilan tak terbatas“. Maka kemudian orang berlomba mencari alternatif tambahan income dalam rangka mencapai impian bebas finansial. Banyak orang kemudian memasuki bisnis-bisnis jaringan atau multilevel marketing, bermain saham, forex, dan instrumen investasi lainnya, bahkan mengikuti program-program money game.


Bagi saya, kebebasan finansial bukan sekedar konsep nominal, tetapi juga konsep mental. Pengeluaran setiap orang atau keluarga sangat ditentukan oleh gaya hidupnya. Bagi saya bisa saja penghasilan Rp 10 juta atau Rp 25 juta per bulan sudah cukup membiayai gaya hidup saya dan keluarga, tapi bagi Anda mungkin tidak cukup, karena kita memiliki gaya hidup yang berbeda. Kita memiliki konsep yang berbeda tentang kenikmatan dan kesejahteraan hidup, konsep masa depan, dll. Kalau saya mendapatkan income Rp 25 juta per bulan, saya sudah merasa tenang, tidak khawatir lagi masalah uang, tapi Anda mungkin belum merasa sejahtera dengan penghasilan Rp 50 juta atau bahkan Rp 100 juta per bulan.


Jadi bagi saya kebebasan finansial bukan bermakna mencapai penghasilan setinggi-tingginya atau bahkan tak terbatas (sky is the limit), tetapi mencapai keadaan di mana uang bukanlah masalah utama dalam hidup, dan batas itu sangat ditentukan oleh gaya hidup saya dan konsep mental tentang makna sukses.


Bagaimana dengan Anda?

2 komentar:

Kebebasan finansial itu artinya hidup pas-pasan.
Pas pengen naik haji bisa, pas pengen beli mobil bisa, pas pengen beli rumah bisa, pas pengen ke luar negeri bisa, ...


Kebebasan finansial :
Apabila saat akan menutup mata pada malam hari (tidur), kita tidak merasa khawatir akan kondisi ekonomi pada esok harinya dan terus berulang sampai kita menutup mata untuk selamanya (mati).


Join My Community at MyBloglog!

My Cbox

Pop up my Cbox
free counters

FEEDJIT Live Traffic Map

Tag Clouds

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Arsip Blog

Adsense Indonesia

Recent Comments

Followers

Powered By Blogger

Mampir memberi makan ikanku (klik-klik)